Wellcome and enjoy on my Blog

Free Premium Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
12:24:00 | by M Kong | Categories:

Lagi Asyik" oprek" komputer, bikin laporan begini begono ehh tiba" "tiitt" komputernya mati... ohhhh damn... mana laporan yang dibikin belon di save, udah sekian lembar, huaaaaaaaaa.... bikin jongkok otak dan kesal pastinya.. nah dikarenakan ane juga pernah ngalamin hal seperti itu, maka ane bakal share nih tips buat mengatasinya, but kali ini ane share khusus untuk pengguna windows 7 dulu ya, walau caranya tidak jauh berbeda sih... berikut cara mengatasinya ;
Penyebab komputer restart sendiri ada beberapa hal biasanya, misal karena processor overheat dan karena power supply kurang asupan daya, dan ada juga bersangkutan sama yg namanya memory, berikut ane jabarkan atu persatu.... Cekidot

Pertama-tama cek terlebih dahulu apakah komputer mengalami overheat dengan mencoba mengecek temperatur komputer dengan menu hardware monitor yang terdapat pada BIOS, atau cukup buka CPU dan raba cooler processornya. Biasanya sih, gara" debu jadi puteran fannya rada lelet, ya cukup membersihkannya secara berkala (casing CPU dan cooler processor) dengan kuas halus. Lakukan di ruangan yang terbuka, agar debunya tidak mengganggu pernapasan anda, jangan sampai ntar malah radang paru" gan.. hahahaha.
Trus ganti thermal paste (Pasta Processor) yang sudah kering dengan yang baru, dan yang terakhir tempatkan komputer agan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan suhunya tidak panas/

2. Power Supply
Selain itu, jika agan merasa komputer merestart sendiri karena power supply yang kekurangan asupan tenaga, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti power supply lama dengan yang baru.Cara mengetahui ciri-ciri komputer agan mengalami masalah dengan power supply biasanya ditandai dengan bunyi kipas yang begitu bising saat dinyalakan. Biasanya si karena cooler/kipasnya mati, atau ada yg konslet.. Untuk menghindari hal seperti itu terulang lagi, maka gantilah power supply anda dengan yang 530 watt, pas dengan kebutuhan komputer modern.. atau sesuaikan dengan bawaan komputer agannya.

Nah selain 2 permasalahan diatas juga ini merupakan penyebab terjadi kerusakannya. kalau ane ini hal yang paling ane benci gan, maklum harga harddisk lumayan menguras isi dompet, ya tapi sebelum itu dilakukan agan cukup cek dulu apa bener hdd nya bermasalah atau tidak. Caranya cukup dengan menggunakan program scandisk atau checkdisk. Lakukan defrag secara berkala, serta wajib mematikan komputer dengan program shut down. 

Kalau memori RAM yang tidak bekerja normal akan membuat komputer bermasalah. Biasanya  disebabkan karna debu yang numpuk dalam CPU, atau peletakan memori yang kurang tepat dalam slot ekspansinya.. cukup dengan membersihkan CPU dari tumpukan debu, bersihkan RAM menggunakan penghapus atau kain halus, selanjutnya pasang kembali dengan benar.


ya kalau masalah yang satu ini agan taulah apa yang harus diperbuat, pasti berujung instal ulang. namun ingat backup dulu data" yang berada pada sistem, seperti mydocument dan data yang disimpan di drive instalasi.



Okeh sepertinya sudah cukup untuk hari ini, dan tunggu tips berikutnya dari ane ya gan... salam Oprek" 

Tips lainnya : 
Reaksi: