Wellcome and enjoy on my Blog

Free Premium Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
17:54:00 | by romi poetra | Categories:
Jika file dan folder di dalam flash disk / hard disk anda tidak terlihat sebagian atau seluruhnya, bisa jadi sebelumnya flashdisk/hardisk anda tersebut telah menjadi mainan virus yang salah satu aksinya menyembunyikan file dan folder. Apalagi jika anda cek kapasitas, USB flash drive (UFD) anda terlihat berisi meskipun secara visual isinya kosong. Jangan panik dulu. Apalagi  jika file dan folder tersebut anda rasa sangat penting. Saya akan berbagi tips supaya file dan folder yang disembunyikan oleh virus bisa muncul kembali. Semoga berhasil.

1. Langsung saja Anda jalankan perintah berikut melalui Start > Run lalu anda ketik cmd.
1-attrib
2. Silakan anda ketikan D: lalu tekan enter (Jika file anda tersebut berada dalam drive D). Sesuaikan bila file anda berada dalam drive yang lain. Setelah itu silahkan Anda ketikkan attrib -s -r -h /s /d lalu tekan enter lagi.
2-attrib
3. Selanjutnya, Windows akan menghilangkan atribut yang menyebabkan file dan folder disembunyikan oleh virus, dan ini mungkin akan memakan waktu beberapa saat tergantung jumlah direktori dan file yang ada dalam drive anda. Jika memang “hilangnya” folder dan file tersebut memang disebabkan oleh virus, maka selanjutnya setelah eksekusi perintah tersebut selesai, maka folder dan file yang disembunyikan tersebut akan dapat Anda lihat kembali pada drive Anda.

Lebih Jauh Tentang Perintah ATTRIB

Perintah ATTRIB merupakan perintah yang ada dalam Microsoft DOS dan masih dapat digunakan sampai saat ini termasuk dalam Command Prompt Windows. Perintah ini digunakan untuk memberikan atau menghilangkan atribut tertentu pada suatu file atau folder. Syntax umumnya adalah sebagai berikut:
ATTRIB [+R -R] [+A -A ] [+S -S] [+H -H] [[drive:] [path] filename] [/S [/D]]
Keterangan:
3-attrib
Dengan mengetahui penjelasan ini, Anda dapat pula menyembunyikan folder dan file sendiri menggunakan cmd yaitu dengan mengetik perintah berikut pada cmd anda:
attrib nama_folder +s +r +h
Tapi perlu diingat, folder dan file yang disembunyikan ini, akan tetap dapat terlihat jika kita mengaktifkan tampilan untuk melihat file yang disembunyikan dan file system dari menu Tools -> Folder Options di Windows Explorer.
Selamat mencoba.

Reaksi: