Wellcome and enjoy on my Blog

Free Premium Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
23:34:00 | by Unknown | Categories:
Ane mo sedikit berbagi ni gan, kita2 kan sering menggunakan fasilitas ping buat cek koneksi atau jalur network, nah pada tau g apa itu sebenernya yang dinamakan "ping"..???
ok, mari kita mulai,
PING (Packet Internet Gopher) adalah lamanya waktu yang diperlukan bolak-balik dari komputer client ke server/ respon terhadap server. Semakin sedikit semakin bagus.
Analoginya sih kayak kita pergi dari rumah ke sekolah misalnya, kalo kita lewat jalan tol ke arah sekolah mungkin bisa cepet nyampe sekolah, tapi kalo dari sekolah ke arah rumah kita lewat jalan biasa, bisa jadi lebih lambat nyampenya, dan sebaliknya.
Besar kecilnya jalan itu yang dinamakan bandwidth, jalur yang ditempuh itu dinamakan path. untuk kecepatan download, dipengaruhi kedua faktor itu (meskipun faktor lain juga ada).

Contoh nge-PING dengan cmd:
Buka cmd lalu ketik “ping yahoo.com” (Boleh terserah, ini hanya sebagai contoh)

ping yahoo.com
reply from youtube.com byte=32 time=28ms ttl=56
byte = Besaran data yang dikirim.
time = Waktu round-tip (waktu pulang – pergi).
TTL = (Time To Life) buat menentukan berapa lama IP akan hidup di jaringan.

Nah kalau kita aplikasikan ke game, game butuh ping yang kecil, jadi semakin kecil ping maka semakin bagus. Ping kadang kadang juga bisa melonjak besar biasanya sedang download atau upload yang terlalu besar, sinyal pada jaringan yang terganggu, dan jarak server dengan jarak client yang terlalu jauh misalnya saya di indonesia akses ke server luar.

gitu gan & sista, gimana..?? mudah2an bermanfaat... :)