Wellcome and enjoy on my Blog

Free Premium Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
17:50:00 | by Unknown | Categories: ,

Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah (wikipedia).


Apa itu sitemap dan apa fungsinya ?

Sitemap berfungsi sebagai rujukan Search Engine melakukan crawling halaman website/blog. Hal itu diterapkan pada layanan raksasa mesin pencari Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools (terintegrasi dengan Site Explore Yahoo Webmaster Tools) dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses indeks menjadi lebih efisien dan cepat mencatat semua halaman homepage, subpage oleh Spiderbot (robot Google).

Platform Wordpress, Url Feed bisa langsung dimasukkan tanpa harus menambah aturan tertentu. Sedangkan khusus platform Blogger/blogspot, harus menambahkan aturan tertentu agar pemasangan (submit/pendaftaran) Sitemap tidak error. Anda dapat memanfaatkan layanan Sitemap Generator yang memang banyak ditemui, ketikkan keyword pada pencarian Google 'Sitemap Generator'. Namun, agar mudahnya, Anda dapat mengkuti langkah-langkah pada tutorial ini.

Sebelum mendaftarkan atau memasang Sitemap pada Google Webmaster Tools, lakukan terlebih dahulu mendaftar dan submit blog ke Google Webmaster Tools. Jika sudah, lanjutkan sesi pemasangan Sitemap dengan langkah-langkah di bawah ini :

1. Login atau masuk ke Google Webmaster Tools http://google.com/webmasters/tools/,
2. Klik link website/blog Anda,

3. Klik tombol "Sitemaps atau Peta Situs"

4. Kemudian Klik tombol "Tambahkan/Uji Peta Situs"


Pada kolom yang telah mucul, isikan kode berikut, contoh Url Feed blogger :
http://belajar-seoo.blogspot.com/feeds/posts/default

Tambahan aturan sebagai url SEO Sitemap, Anda juga dapat menerapkan bentuk opsi di bawah ini :
http://belajar-seoo.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

atau bisa juga jenis feed atom.xml-nya,
http://belajar-seoo.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Kalau artikel/posting blog Anda lebih dari 1000, fungsikan sitemap berikut ini:
atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500

4. Selesai mengcopy kode tersebut, untuk mengakhiri, tekan tombol "Submit Sitemap",
5. Loading selesai, jika Anda melakukan semua langkah ini dengan benar, selamat Anda telah berhasil
    submit/daftar Sitemap ke Google Webmaster Tools.

Ingat, copy url yang berwarna MERAH dan itulah url sitemapnya.

Oke, demikian tutorial bagaimana cara memasang Sitemap pada Blogger/blogspot. Metode ini sangat efektif dalam optimasi SEO, penerapan utama sebelum tampil di mesin pencari dan persiapan guna bersaing di dunia serp. Lakukan hal yang sama pada Bing Webmaster Tools. Fungsi dan tujuannya tak jauh beda antara Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools, namun keunggulan dan kerumitan crawling memiliki cara trik tersendiri, dan itu perlu disiasati pada tutorial berikutnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya,.. :)

sumber : http://belajar-seoo.blogspot.com